• Pasanggiri Tari Jaipong se-Kabupaten Karawang, 15~20 Desember 2014
  • Para Juri di Pasanggiri Tari Jaipong se-Kabupaten KarawangIni adalah para juri yang menilai para peserta Pasanggiri Tari Jaipong se-Kabupaten Karawang, yaitu Bpk. Ajat Sudrajat, Bpk. Daud Agus Kusnandar dan Bpk. Dedi Kusnaedi. Mereka adalah dari grup Jugala, Bandung.
  • Para Peserta di Babak Penyisihan I Pasanggiri Tari Jaipong se-Kabupaten KarawangIni adalah para peserta Katagori Pelajar yang lolos ke Babak Final. Berfoto bersama beberapa Anggota DPRD Kabupaten Karawang dan Pengurus Partai Gerindra DPC Karawang.
  • Para Peserta di Babak Penyisihan II Pasanggiri Tari Jaipong se-Kabupaten KarawangIni adalah para peserta Katagori Dewasa/Umum yang lolos ke Babak Final.
  • Para Juara Pasanggiri Tari Jaipong se-Kabupaten KarawangIni adalah para Juara yang telah memenangkan Pasanggiri Tari Jaipong. Mari kita bina bersama para generasi muda untuk tetap semangat melestarikan budaya nasional, khususnya dalam hal Seni Tari Jaipong.
Pasanggiri Tari Jaipong se-Kabupaten Karawang, 15~20 Desember 20141 Para Juri di Pasanggiri Tari Jaipong se-Kabupaten Karawang2 Para Peserta di Babak Penyisihan I Pasanggiri Tari Jaipong se-Kabupaten Karawang3 Para Peserta di Babak Penyisihan II Pasanggiri Tari Jaipong se-Kabupaten Karawang4 Para Juara Pasanggiri Tari Jaipong se-Kabupaten Karawang5
image carousel by WOWSlider.com v7.3

Wednesday, December 31, 2014

Pasanggiri Tari Jaipongan se-Kabupaten Karawang


Berkenaan dengan peringatan Hari Ulang Tahun Partai Gerindra yang ke-7, maka dari Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Gerindra di Kabupaten Karawang menyelenggarakan suatu event yang sangat istimewa, yaitu Pasanggiri (=Perlombaan) Tari Jaipongan se-Kabupaten Karawang, yang telah diselenggarakan pada tanggal 15 sampai dengan 20 Desember 2014 yang lalu.


Bapak Royke Benta Sahetapy, SH., selaku Ketua DPC Partai Gerindra di Kabupaten Karawang, telah membuka kesempatan bagi para penari Jaipong di Karawang untuk meng-ekspresikan kemampuan mereka dalam ajang ini. Adapun tujuan dari pelaksanaan ajang tersebut adalah untuk melestarikan kebudayaan nasional, khususnya seni tari Jaipong yang merupakan salah satu budaya khas masyarakat Sunda. Beliau juga menambahkan bahwa, mengingat kota Karawang akan kian semarak dan akan mengundang banyak orang asing, maka sebaiknya nilai-nilai budaya Sunda tetap dipertahankan. Selain itu, juga untuk meng-antisipasi adanya pengakuan bangsa lain terhadap kebudayaan Indonesia. “Jangan sampai terjadi seperti Reog Ponorogo yang sempat diakui oleh negara lain”, demikian tukasnya.

Beliau kemudian membentuk sebuah tim kepanitiaan kecil untuk mempersiapkan segala hal yang berkenaan dengan ajang tersebut. Hanya dalam waktu sebulan, acara dapat dipersiapkan dan dirampungkan. Dalam ajang ini, para peserta dikategorikan menjadi dua golongan, yaitu Kategori Pelajar (s/d SMP) dan Kategori Dewasa (SMA ke atas).
Hal yang sangat menarik dalam penyelenggaraan ajang ini adalah, bahwa pendaftarannya GRATIS (!!!). Hadiah untuk para Juara berupa uang tunai dan bagi Juara Umum diberikan hadiah sebuah sepeda motor.

Respon dari masyarakat terhadap ajang ini begitu antusias, sampai-sampai di hari terakhir pendaftaran pun, masih ada peserta yang datang mendaftar, walaupun sudah larut malam. Tercatat keseluruhan jumlah peserta Pasanggiri Tari Jaipongan se-Kabupaten Karawang ini adalah 95 (sembilan puluh lima) orang, terbagi atas 50 orang untuk Kategori Pelajar dan 45 orang untuk Kategori Dewasa.
Menurut informasi dari beberapa sumber, biasanya ajang seperti ini hanya diikuti oleh 30 s/d 40 peserta saja.  

Setelah melewati proses Technical Meeting yang diadakan pada tanggal 10 Desember 2014, masing-masing peserta mendapatkan nomor urut untuk mengikuti Babak Penyisihan yang diadakan pada tanggal 15 dan 16 Desember 2014. Dari seluruh peserta, ada 45 orang yang lolos ke babak Grand Final yang diadakan pada tanggal 20 Desember 2014. Acara Technical Meeting dan Babak Penyisihan dilakukan di gedung pertemuan yang ada di Kampung Budaya, Karawang.
Dewan juri yang diundang juga istimewa, yaitu dari kelompok Jugala di Bandung, yang dipimpin oleh Bapak Gugum Gumbira, yang merupakan tokoh pencipta Tari Jaipong itu sendiri. Ada tiga orang juri yang akan menilai kemampuan para peserta, yaitu Bapak Dedi Kusnaedi (adik kandung dari Bapak Gugum Gumbira), Bapak Agus Badeng (lulusan STSI Bandung) dan Bapak Ajat Sudrajat (dari Kelompok Pecinta Jaipong Jawa Barat).
Selain itu, salah satu hal yang dianggap sangat istimewa oleh para peserta di dalam acara Babak Penyisihan ini adalah, bagi setiap peserta yang mengikuti acara Babak Penyisihan sampai selesai, diberikan uang transport oleh Bapak Royke Benta Sahetapy, SH., sebesar Rp. 200.000,- (dua ratus ribu Rupiah). Wow!!! (di kalangan panitia sempat timbul kelakar, yaitu ungkapan IBA KOSASIH, yang merupakan singkatan dari Ikut lomBA, ongKOS dikASIH... hehehe...-Red.)

Babak Grand Final diadakan di Panggung Outdoor, di Gelanggang Olah Raga Panata Yudha, Karawang, dimulai dari jam 09.00 WIB pada tanggal 20 Desember 2014. Seluruh peserta yang hadir terlihat agak tegang, karena memang hadiah utamanya tidak main-main, yaitu sebuah sepeda motor.
Tampak hadir juga adalah Bapak Ajang Supandi (Wakil Ketua II DPRD Karawang), Bapak H. Endang Sodikin, Bapak Asep Saefudin Juhri dan Bapak Taman (Anggota DPRD Karawang fraksi Gerindra).

Dalam kesempatan berbicara, Bapak Royke Benta Sahetapy, SH., juga mengingatkan, bahwa Partai Gerindra siap untuk menjadi garda terdepan dalam hal membangkitkan budaya lokal Karawang, di antaranya Seni Tari Jaipongan. Beliau juga  berpesan, agar semua sanggar yang ada di Kabupaten Karawang ini terus meningkatkan kemampuannya, sebab nantinya, Partai Gerindra akan lebih sering melaksanakan event seperti ini.
Sementara itu, Ketua Pelaksana Pasanggiri Tari Jaipongan ini, Bapak H. Endang Sodikin menyatakan, tari Jaipong bisa kembali tumbuh di Kabupaten Karawang, sebab di event ini saja sudah terlihat bibit-bibitnya, terlebih banyaknya peserta dari pelajar sekolah dasar hingga menengah atas dan umum.
"Saya mengajak kepada budayawan dan seniman Karawang agar bersama Partai Gerindra menjaga kearifan lokal, menumbuhkan budaya dan kesenian daerah," jelasnya.

Selanjutnya, walaupun sempat terganggu dengan adanya hujan, acara tetap dilaksanakan sampai lewat tengah malam. Beberapa peserta yang terlambat hadir, masih diberikan kesempatan untuk menampilkan kebolehannya di atas panggung. Meskipun dalam keadaan lelah, para peserta masih setia menunggu sampai keputusan terakhir diumumkan oleh dewan juri. Selain itu, bagi seluruh peserta yang bukan juara, tetapi tetap mengikuti sampai acara selesai, masing-masing masih diberikan uang transport sebesar Rp. 200.000,- (dua ratus ribu Rupiah).


Adapun susunan dari para Juara Pasanggiri Tari Jaipongan se-Kabupaten Karawang ini adalah, sbb. :

Katagori Pelajar :
Juara I : Puri Emili (berhadiah uang tunai sebesar Rp. 2.500.000+Plakat+Piagam)
Juara II : Gadis Nayala (berhadiah uang tunai sebesar Rp. 2.000.000+Plakat+Piagam)
Juara III : Alda Cantika Putri (berhadiah uang tunai sebesar Rp. 1.500.000+Plakat+Piagam)
Juara Harapan I : Raissa Salsabila (berhadiah uang tunai sebesar Rp. 1.000.000+Plakat+Piagam)
Juara Harapan II : Rifani Fitri Aulia (berhadiah uang tunai sebesar Rp. 750.000 +Plakat+Piagam)
Juara Harapan III : Desi Lidia Putri (berhadiah uang tunai sebesar Rp. 500.000+Plakat+Piagam)

Kategori Dewasa :
Juara I : Gina Dwi Ratnasari (berhadiah uang tunai sebesar Rp. 2.500.000+Plakat+Piagam)
Juara II : Desi Wiratna Inten (berhadiah uang tunai sebesar Rp. 2.000.000+Plakat+Piagam)
Juara III : Devi Permana (berhadiah uang tunai sebesar Rp. 1.500.000+Plakat+Piagam)
Juara Harapan I : Mutia Haslinda Irwan (berhadiah uang tunai sebesar Rp. 1.000.000 +Plakat+Piagam)
Juara Harapan II : Bella Dawanti (berhadiah uang tunai sebesar Rp. 750.000+Plakat+Piagam)
Juara Harapan III : Rita Sylvia (berhadiah uang tunai sebesar Rp. 500.000+Plakat+Piagam)

Juara Favorit : Dimas Samiaji Putra
Juara Umum I : Puri Emili (berhadiah 1 unit sepeda motor Honda Beat)
Juara Umum II : Gina Dwi Ratnasari (berhadiah jalan-jalan gratis Jakarta-Yogjakarta selama 3 hari)


-----ooo000ooo-----

1 comment:

  1. Makasih infonya gan, moga artikelnya bermanfaat bagi semua orang......
    mampir juga di lapak ane gan,......
    vimax
    vimax asli
    vimax canada
    vimax original
    vimax herbal
    obat pembesar penis
    agen vimax asli
    vimax indonesia

    ReplyDelete

Pasanggiri Tari Jaipong via Kemuning TV